Tuesday, 24 March 2009

Birman

kucing birmanDari namanya saja kita sudah tahu kucing ini darimana? Yap benar sekali tidak seperti kucing turkish van yang mungkin dianggap orang berasal dari negara turki, padahal tidak kan? Kucing birman berasal dari negara birma.

Jenis kucing ini biasanya bertempat tinggal di kuil. Bahkan ada sebuah kepercayaan jika kucing kuil ini mati. Maka arwah kucing tersebut akan ditemani khusus oleh arwah pendeta (manusia).

Menurut sebuah catatan sejarah. Kucing birman mulai menyebar ke seluruh penjuru dunia seperti ragdoll pada tahun 1919. Adalah dua orang berkebangsaan peracis yaitu Auguste Pavie dan Gordon Russel yang mendapatkan hadiah sepasang kucing birman karena telah membantu para pendeta kuil. Tapi sayang seribu sayang kucing jantan mati dalam perjalanan tapi untungnya kucing betina sedang mengandung. Jadi selamat deh.

Walau akhirnya sempat berkembang pada tahun 1925, tapi karena resesi ekonomi dan perang dunia. Ras kucing ini akhrinya kembali menyusut juga.

Tapi setelah berakhirnya perang dunia kedua perlahan tapi pasti, ras kucing ini akhirnya berkembang kembali. Sampai akhirnya pada tahun 1966 inggris mengakui ras kucing birma sebagai jenis murni.

kucing birman

Lalu apa sih ciri-ciri dari jenis kucing ini.
  • Berat badan antara 4-6 kg.
  • Pola warnanya mirip dengan Colour point dengan lebih pucat pada telinga, muka, kaki dan ekor.
  • Bulu ekor dan leher yang paling menonjol yaitu tebal dan halus
  • Panjang tubuh kucing sedang tetapi berbentuk tegap.
  • Tidak seperti kucing abyssinian yang memiliki telinga panjang. Telinga kucing ini berukuran sedang dan melengkung.
  • Kucing ini sangat menyukai manusia.
Yap apakah tertarik memelihara kucing birman.

1 comment:

lostinlabyrinth said...

kalau kucing saya kira2 jenis apa yah? tolong info..
untuk melihat gambar (check my blog)
ty :)